Pango-Pango Makale Toraja

Wisata Pango-Pango Makalae Toraja merupakan salah satu destinasi wisata yang masih jarang diperbincangkan. Spot ini merupakan agrowisata di dataran tinggi yang dipenuhi deretan hutan pinus hingga perkebunan dari cengkeh sampai kopi. Bisa jadi destinasi wisata alam yang asyik dan menyegarkan di Tana Toraja.

Berikut ini kami berikan informasi mengenai lokasi, harga tiket masuk, serta daya tarik dan aktivitas yang bisa dilakukan.

Info Terlengkap Tentang Pango-Pango Makale Toraja

Lokasi Pango-Pango Makale Toraja

Lokasi tempat ini berada di Kabupaten Toraja. Ini merupakan salah satu gunung yang bisa dengan mudah didaki oleh pengunjung. Anda bisa melihat keindahan dari atas puncak Gunung Pango-Pango.

Rute menuju gunung ini memiliki medan yang agak sulit. Selain itu, jika menjelang malam hari rute sekitarnya pun cukup gelap. Hal ini terjadi karena berada di kawasan sekitar gunung sehingga sepi penduduk dan tidak ada penerangan yang memadai.

Jam operasional Pango-Pango Makale Toraja

Tidak ada jam operasional tertentu untuk bisa menikmati wisata alam Toraja di Gunung Pango-Pango. Anda bisa hadir 24 jam berkunjung ke lokasi. Namun, rute perjalanan menuju lokasi ini minim penerangan.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari untuk datang pada malam hari. Hindari juga pulang ketika sudah gelap. Hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan dan keamanan Anda pribadi,

Harga tiket

Harga tiket masuk ke tempat ini hanya 10 ribu rupiah saja. Dengan harga ini, Anda sudah bisa melihat keindahan alam dari atas puncak gunung. Namun, jika bertujuan untuk camping, maka harga tiket masuknya berbeda, yaitu sebesar 15 ribu rupiah.

Camping

Tak hanya mendaki gunung dan menikmati keindahan awan saja, Anda juga bisa melakukan camping di sini. Peralatan camping bisa dibawa sendiri ataupun menyewa di area sekitar.

Baca Juga  Cara Merawat Rambut Rontok

Ini merupakan salah satu spot terbaik untuk camping di Toraja karena bisa melihat negeri di atas awan. Terdapat area khusus untuk camping di sini. Selain itu, karena lokasinya berada di puncak gunung, wisatawan dapat menyaksikan pergantian matahari dengan jelas.

Outbond

Tak hanya itu, tersedia juga wahana bermain di dalam. Terdapat area outbond untuk menambah keseruan liburan Anda. Bahkan, terdapat juga rumah Hobbit yang dibangun di area tersebut sebagai tempat beristirahat.

Area outbond ini menyediakan permainan berupa flying fox. Anda bisa merasakan terbang di antara pepohonan pinus dengan pemandangan yang menakjubkan. Permainan ini cocok untuk dimainkan bersama teman dan juga keluarga.

Agrowisata

Jika masih kurang, terdapat agrowisata di area gunung ini. Wisatawan bisa menyaksikan keindahan alam lainnya dengan menjelajahi hutan pinus. Terdapat juga perkebunan cengkeh sampai kopi. Di sini, wisatawan dapat juga belajar bagaimana menanam kopi di area tersebut.

Pango-Pango Makale Toraja bisa menjadi salah satu destinasi liburan di luar Jawa dan Bali. Selain itu, masih terdapat banyak destinasi wisata lain yang tak kalah menarik di Toraja.