Ciri Busi Rusak

Ciri busi motor rusak dapat diketahui supaya bisa segera diganti dengan yang baru. Busi adalah komponen yang ukurannya cukup kecil dengan peranannya yang sangat penting pada motor. Dengan tidak adanya busi, membuat motor tidak dapat dinyalakan. Sehingga perlu memperhatikan kondisi busi dengan pengecekan secara berkala.

Ciri Busi Motor Rusak dan Harus Diganti

Tarikan Tidak Responsif

Ciri-ciri yang bisa diketahui jika komponen busi motor mengalami kerusakan salah satunya dapat dilihat dari segi tarikan yang tidak responsif. Tarikan di bagian mesin kendaraan bermotor tidak seperti biasanya.

Hal ini disebabkan oleh timbulnya perubahan di bagian celah busi antara ground dan elektroda. Sehingga perlu dilakukan pengecekan di bagian ini untuk mengetahui kondisi kerusakan busi.

Tarikan mesin yang tidak responsif menjadi pertanda bahwasanya busi sudah tidak layak digunakan. Maka, perlu menggantinya dengan busi baru supaya gerakan mesin kembali normal.

Sulit Menyalakan Motor

Apabila motor yang digunakan selalu sulit untuk dinyalakan tentunya bisa melakukan pengecekan di bagian busi motor. Tanda inilah yang menjadi salah satu ciri-ciri komponen busi mengalami kerusakan.

Kondisi busi yang sudah rusak tidak bisa menghasilkan percikan api secara normal di bagian ruang bakar. Dalam kondisi seperti ini menjadikan motor mengalami kesulitan untuk dinyalakan dengan baik. Entah itu menggunakan electric starter ataupun kick starter.

Mengalami Misfire

Ciri busi motor rusak yang harus diperhatikan salah satunya jika sudah mengalami misfire. Kerusakan yang terjadi pada komponen busi akan berdampak pada penurunan performa kendaraan bermotor tersebut.

Selain itu, juga bisa menyebabkan motor mengalami kondisi misfire di bagian ruang bakar. Tanda yang satu ini tetap bisa dirasakan pada saat mesin motor berhenti tidak lama dan bisa difungsikan lagi secara normal.

Baca Juga  Review Nissan Livina 2019 Menghadirkan spesifikasi mumpuni

Kondisi seperti ini memang tidak banyak dipedulikan dan bahkan diabaikan oleh pengguna motor. Akan tetapi, misfire adalah salah satu ciri bahwasanya busi motor tersebut sudah rusak dan harus diganti dengan segera.

Jika tidak segera diganti akan membuat mesin motor mati secara tiba-tiba. Hal ini tentunya bisa menimbulkan bahaya saat motor digunakan untuk berkendara, terlebih dalam perjalanan jarak jauh.

Pemborosan BBM

Ruang bakar yang tidak sempurna karena faktor dari kondisi misfire. Hal ini dikarenakan, komponen busi motor mengalami kerusakan yang menimbulkan tumpukan kotoran menjadi endapan di bagian ujung insulator busi ataupun elektroda.

Sehingga secara otomatis untuk penggunaan bahan bakar juga semakin boros saat motor digunakan berkendara. Sebab, hasil dari percikan api yang dikeluarkan menjadi sangat kecil. Faktor inilah yang tidak dapat melakukan pembakaran secara optimal.

Mesin Motor Pincang

Ciri busi motor rusak yang harus dipahami salah satunya saat kondisi mesin motor sudah mengalami pincang. Apabila motor yang digunakan untuk berkendara ini mempunyai lebih dari satu silinder yang disematkan.

Tentunya dengan timbul kerusakan di bagian komponen busi motor bisa menurunkan tingkat performa motor tersebut. Biasanya untuk kondisi motor yang sudah mengalami pincang mesin disebabkan oleh bagian salah satu silinder yang tidak dapat menjalankan kinerjanya dengan baik.

Apabila hal seperti ini sudah terjadi pada motor Anda. Biasanya akan mengeluarkan suara mesin yang terlalu bising dan sangat mengganggu saat sedang berkendara

Itulah ciri busi motor rusak untuk lebih diperhatikan agar segera diganti dengan busi baru. Pengecekan secara rutin sangat diperlukan untuk mengetahui kondisi busi supaya tidak berdampak pada beberapa komponen lain.